Posted by: widyaiswaradephan | August 20, 2008

Komunikasi Efektif

Komunikasi efektif ini menjadi modal utama dalam membina hubungan antar sesama baik  dilakukan  antaraindividu, individu dengan kelompok, lingkungannya atau bahkan pada tataran organisasi. Seperti di tempatbekerja. Komunikasi bisa bersifat vertikal atau horizontal. Agar pesan  sampai tepat sasaran dan tidak terjadi kesalahan  informasi maka  berita itu harus komunikatif, efektif dan efisien. Berikut ini beberapa syarat agar terciptanya komunikasi yang efektif, antara lain :

 

1.  Pengucapannya jelas

2.  Berbicara dengan tegas tidak bertele-tele

3.  Hadapkan badan dan wajah kepada orang yang sedang diajak bicara

4.  Pahami pikiran orang yang yang sedang diajak bicara

5.  Penyampaian maksud disampaikan dengan keterbukaan

6.  Penyampaian informasi disampaikan dengan bahasa  sipenerima informasi

7 Penyampaian informasi diawali dengan hal-hal yang sifatnya global kemudian    rincinya

8.  Memberikan contoh-contoh yang bersifat realita, jika diperlukan.

9. Informasi itu disampaikan dengan lemah lembut agar berkesan, sehingga mampu memberikan pencerahan.

Pembicara harus mampu meyakinkan bahwa informasinya itu betul-betul telah di serap, dimengerti dan diterima.

 


Responses

  1. Memang tidak mudah menciptakan komunikasi yang efektif, terutama dalam komunikasi yang bersifat formal, seperti dalam rapat, diskusi, wawancara, mengajar dan sejenisnya. Mungkin untuk itu kita perlu berlatih!

  2. Sudah lama tidak ada yang posting ya!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: